pertanian,perkebunan,tanaman,buah,daun,batang,bibit,sayur,obat,hama,herbisida,insektisida,fungisida,
Home » » Cara Mengolah:Membuat: Benih Cabe Rawit Sendiri

Cara Mengolah:Membuat: Benih Cabe Rawit Sendiri

Cara Mengolah:Membuat: Benih Cabe Rawit Sendiri

Cara Prakis menyiapkan benih cabe rawit,
Ada beberapa hal mesti di analisa dan diperhatikan agar mendapatkan benih cabe rawit yang berkualitas.

Menanam Cabe Rawit
cara menanam cabe : mengolah dan menyortir biji cabe rawit

perlu d iperhatikan : cari bibit cabe rawit yang berwarna merah tua sebaiknya diambil dari kebun yang tidak terinveksi hama alias benar benar sehat . karena untuk pertumbuhan tanaman cabe rawit dibutuhkan bibit yang berkualitas ,sehat dan tidak rusak, untuk itu carilah yang berwarna merah tua dan pastikan tidak terserang hama dan penyakit.

Apabila cabe rawit merah yang akan dibuat benih sudah anda dapatkan, potonglah menjadi tiga bagian. Ambil bagian buah cabe yang tengah saja pisahkan dengan cara menjemur untuk memisahkan bijinya dari kulit/daging cabe.
Setelah  mempunyai calon benih cabe rawit. berikutnya siapkan sebuah wadah, dapat berupa baskom, gelas, atau ember. Isi dengan air hangat dan tidak terlalu panas alias hangat kuku.
Rendam bibit cabe rawit yang anda peroleh tadi dengan air yang sebelumnya sudah direndam bawang merah yang sudah ditumbuk halus pake gilingan/blender selama satu malam saja.
keesaokan harinya anda akan melihat biji caberawit tersebut ada yang mengapung dan ada pula yang tenggelam. pilihlah yang tenggelam karena yang tenggelam tersebut adalah yang berkwalitas bagus.

Tiriskan air yang terdapat dalam wadah bibit tadi terlebih dahulu , sambil menyiapkan media untuk menyemai biji tersebut.
jemur benih cabe rawit pada tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung sampai kering, sampai. dan benih siap anda simpan dan diberi insektisida bubuk agar tidak dimakan semut dan hama lainnya.

menyemai bibit cabe rawit

Setelah kita berhasil mengolah biji maka sekarang tahap selanjutnya  kita menyemai  bibit cabe rawit.. PAsti anda bertanya mengapa tidak langsung ditanam dilahan? kan simpel dan nggak ribet. Nah jawabannya begini, langsung menanam biji cabe di dalam tanah/pot. Tetapi ternyata tidak semuanya tumbuh baik karena menghadap  matahari langsung,hama dan gulma juga jadi masalah apalagi kalau lahan tanam luas maka kita butuh banyak waktu untuk membersihkan rerumputan yang selalu tumbuh dengan cepat, penggunaan pestisida juga berpengaruh pada tanaman yang masih kecil sekali.
salah satu tujuan menanam bibit dalam pot atau polybek agar setelah bibit tumbuh kita dapat menyortir bibit yang baik dan bagus.

Siapkan kertas tisu beberapa lembar, lalu basahi tisu tersebut dengan air.
Sebarkan beberapa biji cabe diatas permukaan kertas tisu yang sudah dibasahi tadi.
Tutup lembaran tisu yang berisi biji cabe rawit tadi lalu basahi lagi dengan air.
Masukkan tisu tersebut ke dalam wadah / box plastik dan tutup rapat.
Tunggu beberapa hari sampai biji cabe tersebut berkecambah.
Pindahkan bibit cabe rawit yang telah tumbuh tadi ke dalam media tanam.
dst.
Agak ribet juga cara di atas, tetapi saya kira cukup bagus dan teliti. Kalau misalnya anda mendapatkan bibitnya hasil dari membeli benih cabe rawit impor mungkin sah-sah saja. Akan tetapi kalau anda membuat benih cabe sendiri mungkin anda bisa menerapakan teknik yang lebih simpel dalam menanam benih cabe rawit anda. Begini langkah-langkahnya:
Taburkan biji cabe rawit yang anda punya ke dalam media tanam (bisa dalam polybag atau ke dalam pot), kemudian tutup dengan abu dapur tipis-tipis saja. beri pengaman seperi jerami dan kain sebagai ganti atap agar tidak terkena matahari langsung.beri pengaman agar tidak diganggu binatang ternak atau binatang liar.

Siram tanaman pagi dan  sore hari menggunakan air biasa. menggunakan semprot tanki atau semprot yang biasanya digunakan untuk nyetrika dirumah..
Biasanya setelah 3-5 hari biji cabe sudah menunjukkan tanda-tanda akan tumbuh. Dan di hari ke 7 bibit cabe rawit sudah terlihat berdiri
                 .
Selesai pada langkah ini, sekarang bibit cabe siap untuk ditanam. demikianlah Cara Mengolah:Membuat: Benih Cabe Rawit Sendiri


Tags:
Cara budidaya cabe, cara budidaya cabe rawit, cara budidaya cabe rawit merah, cara budidaya cabe merah yang benar, cara budidaya cabe yang benar, budidaya tanaman cabai, cara menanam cabe rawit di polybag atau di halaman rumah

0 comments:

Post a Comment

google.com, pub-5150752890465640, DIRECT, f08c47fec0942fa0

ads

analytics

 
Support : TokoKerinci | Peternakan | Toko Online
Copyright © 2013. Pertanian Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by
Proudly powered by Dosicandra